Saturday, August 8, 2009 at 11:41 PM |  
Seringkali, apabila kelima panca indera kita bekerja secara bersamaan, sistem kerja otak kita justru malah menjadi kacau. Bukti dari pernyataan tersebut bisa dilihat dalam ilusi optis berikut ini. Trik ini bisa juga digunakan untuk melakukan "pseudo-hypnosis"

Beraktinglah seolah-olah menghipnotis sukarelawan, dan katakan "Hitung dari 1 sampai 10, dan anda akan kehilangan kemampuan berhitung anda"
Hitunglah jumlah titik hitam pada gambar di bawah ini




"Anda akan merasa pusing. Tatap gambar ini, dan berkonsentrasilah pada lingkaran di tengah gambar, dan gerakkan kepala anda ke kanan dan ke kiri"


"Foto di sebelah kiri menunjukkan gambar orang sedang marah (menyeringai), sedangkan foto di kanan menunjukkan wajah berekspresi normal. Namun cobalah berdiri dan mundur sambil tetap menatap gambar tersebut. Ekspresi keduanya seolah-olah akan bertukar





"Anda akan kehilangan lagi kemampuan berhitung anda. Hitung jumlah kaki gajah pada gambar di bawah"


Ilusi optika ini banyak dimanfaatkan pesulap untuk berbagai hal, seperti menghilangkan benda, membuat sesuatu seolah-olah melayang, dan sebagainya. Intinya, jangan biarkan apa yang anda lihat mempengaruhi pikiran anda. Gunakan selalu otak dan hati nurani.
Posted by Tri

0 comments: